Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja

 on Tuesday, December 23, 2014  


Rasa kantuk memang wajar dan setiap orang pasti dilanda rasa kantuk, tapi jika rasa kantuk itu menyerang di saat jam kerja, itu bisa menjadi masalah dan mungkin bisa sangat berbahaya untuk karir anda bahkan keselamatan anda dan orang lain. Contohnya jika ada supir bus yang membawa banyak penumpang kemudian sang supir terserang rasa kantuk, itu sangatlah berbahaya. Sungguh memalukan jika kita tidur saat jam kerja. 1 dari 10 pekerja di Amerika pernah tertidur saat jam kerja.

Untuk mengatasi rasa kantuk tersebut ada beberapa tips sehat untuk menghilangkan rasa kantuk, antara lain :

1. Konsumsi kafein
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi dapat meningkatkan produksi adrenalin yang membuat mata kita selalu melek. Kafein juga menghambat zat kimia yang menyebabkan rasa kantuk. Namun konsumsi kafein tidak boleh berlebihan, harus dengan takaran yang tepat agar badan kita selalu sehat. Para ahli menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi kafein lebih dari 200 mg setiap hari untuk menjaga kesehatan.

2. Cemilan
Cemilan juga cukup ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang tentunya makanlah camilan yang rendah kalori dan tinggi protein. Karena cemilan yang mengandung protein yang tinggi dapat merangsang sel Orexin pada otak yang mengirim yang mengirim impulse listrik. hal ini akan menjaga seseorang selalu terjaga dan waspada. Sebaliknya cemilan yang mengandung kadar gula yang banyak dapat menimbulkan penyakit seperti diabetes. Jadi meskipun nyemil, tetap harus pilih-pilih ya.

3. Bergerak.
Duduk dengan waktu yang lama dapat menyebabkan rasa kantuk. Jika pekerjaan anda menuntut anda untuk duduk terus dan berhadapan dengan komputer, sebaiknya lakukan sedikit peregangan sekali waktu atau berjalan sebentar agar aliran darah kembali lancar.

4. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat mengembalikan mood dan mengembalikan tingkat konsentrasi anda disaat rasa kantuk mendera. Hal ini juga sesuai dengan hasil sebuah studi di Taiwan yang menemukan bahwa seseorang cenderung memiliki level konsentrasi tinggi saat mendengarkan musik ketika sebelum ujian berlangsung.

5. Menghirup aroma tertentu
Cobalah menghirup aroma tertentu karena dinilai cukup efektif untuk mengembalikan daya konsentrasi anda. Aroma-aroma seperti kayu manis, cokelat, kopi, dan pepermint cukup efektif untuk membuat mata tetap “on”.

6. Sinar matahari yang cukup
Seseorang yang kurang terkena paparan sinar matahari akan cenderung diserang rasa kantuk. Usahakan ruangan/tempat kerja anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar terhindar dari kantuk saat bekerja.

7. Olahraga dan Tidur Cukup
Olahraga seperti joging atau lari pagi sebelum bekerja, dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar, sehingga anda akan merasa bersemangat saat beraktivitas. Tidurlah yang cukup dan hindari yang namanya begadang, sehingga akan meminimalkan resiko akan rasa kantuk yang menyerang di saat jam kerja.

8. Konsultasikan dengan dokter
Bisa jadi rasa kantuk yang anda alami merupakan tanda adanya gangguan kesehatan pada diri anda seperti sleep apnea atau anemia. Oleh sebab itu bersegeralah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan yang anda alami.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih

Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja 4.5 5 Unknown Tuesday, December 23, 2014 tips menghilangkan rasa kantuk/ngantuk saat jam kerja Rasa kantuk memang wajar dan setiap orang pasti dilanda rasa kantuk, tapi jika rasa kantuk itu menyerang di saat jam kerja, itu bisa men...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.