Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu hamil

 on Sunday, May 10, 2015  

Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu hamil



Sebelum kita membahas tentang manfaat buah mangga, alangkah baiknya kita mengetahui sejarah buah mangga itu. Dalam pengelompokan buah, buah mangga termasuk ke dalam kelompok buah batu atau drupa, yang artinya buah mangga adalah buah yang berdaging dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah tergantung pada macam buah mangganya. Buah mangga berasal dari india yang dipercaya telah ada pada awal peradaban di india. Dalam sejarah, mangga ditemukan oleh Alexander agung di lembah Indus, india. Rumphius, seorang ahli botani menyimpulkan bahwa buah mangga telah dibudidayakan manusia sejak 6000 tahun yang lalu di perbatasan india dan birma. Di Negara barat penyebaran tanaman mangga sendiri terjadi sekitar abad ke-18 di Lasabon dan brasil yang dibawa oleh orang portugis.

Kandungan nutrisi dalam buah mangga per 100 gram
Karbohidrat 17,00 g
Gula 14,8 g
Diet serat 1,8 g
Lemak 0,27 g
Protein 0,51 g
Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
Beta-karoten 445 mg (4%)
Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
Vitamin B6 0,134 mg (10%)
Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
Vitamin C 27,7 mg (46%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0,13 mg (1%)
Magnesium 9 mg (2%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 156 mg (3%)
Seng 0,04 mg (0%).

Manfaat dan khasiat buah mangga

Menyehatkan pencernaan
Dalam buah mengga terandung enzim yang dapat menghancurkan protein, mangga juga mengandung serat yang baik untuk membantu pencernaan.

Mencerahkan kulit
Dalam buah mangga terdapat kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat penting untuk mengembalikan kondisi kulit anda setelah kulit anda terbakar matahari. Caranya adalah, pilih buah mangga yang sudah matang, ambil kulitnya dan gosokkan bagian dalam kulit mangga ke wajah dan bagian tubuh anda yang terbakar matahari. Diamkan selama 15 menit kemudian cuci  bersih kulit anda. Lakukan perawatan ini setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Dalam buah mangga terdapat banyak vitamin C dan vitamin A, ditambah dengan 25 jenis karotenoid dalam mangga. Kandungan-kandungan tersebut sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit

Sebagai antioksidan dan pencegahan kanker
Buah mangga sangat baik untuk mencegah penyakit terutama penyakit kanker. Kandungan senyawa antioksidan yang cukup efektif dalam mencegah serangan kanker. Zat yang terdapat dalam buah mangga tersebut antara lain quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat. Ditambah dengan banyaknya vitamin yang terdapat dalam buah mangga itu sendiri. buah sirsak bisa mengatasi kanker.

Menjaga kadar insulin dalam tubuh
Untuk anda yang mengalami gejala penyakit diabetes anda bisa memakan buah mangga untuk menjaga kadar insulin anda. Karena pada buah mangga terdapat kandungan glikemik yang sangat rendah sehingga buah mangga sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Menjaga kesehatan mata
Buah mangga sangat baik untuk kesehatan mata Karena dalam buah mangga terdapat zat antioksidan zeaxanthin. zat zexanthin ini berperan sebagai pelindung mata dari radikal bebas. Selain sebagai pelindung, zat ini melindungi mata dari penyakit penuaan. Mengkonsumsi buah mangga 3 porsi setiap hari bisa menurunkan resiko dan perkembangan degenerasi makula.

Meningkatkan zat besi dalam tubuh
Dalam buah mangga terdapat kandungan zat besi yang banyak. Zat besi ini sangat berguna untuk seseorang yang mengalami anemia. Kandungan zat besi dalam mangga juga baik untuk wanita menopause atau wanita yang sedang hamil. buah pir juga baik untuk ibu hamil.

Mencegah penyakit asma
Buah mangga dapat mengurangi gejala penyakit asma. Ini dikarenakan buah mangga mengandung nutrisi karoten. Bagi anda yang menderita penyakit asma. Disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi buah mangga.
Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu hamil 4.5 5 Unknown Sunday, May 10, 2015 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu hamil, manfaat buah mangga untuk mencerahkan kulit, buah mangga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu hamil Sebelum kita membahas tentang manfaat buah mangga, alangkah baiknya kita men...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.