manfaat buah manggis

 on Wednesday, May 20, 2015  

manfaat buah manggis


sebelum kita mengulas tentang manfaat buah manggis, marilah kita mengulas tentang sejarah buah manggis. Buah manggis adalah buah yang berasal dari Indonesia. Jika di Indonesia kita mengenal buah durian adalah raja buah, maka ratu buah adalah buah manggis. Buah manggis bernama latin Garcinia Mangostana L.di Asia Tenggara buah manggis dikenal dengan banyak manfaatnya. Buah ini jarang ditemukan karena pertumbuhan yang lambat. Karena pertumbuhannya yang lambat maka tanaman buah ini terus dibudidayakan. Buah manggis banyak tersebar di Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Malaysia, Myanmar, dan Papua Nugini. Meskipun kurang banyak dijumpai, buah manggis sudah dikenal oleh para peneliti di Negara barat sejak tahun 1631.

Kandungan yang terdapat pada buah manggis per 100 gram

Kalori 59 dari Lemak 3.60
Total Lemak 0.40 g 0.6 %
Lemak Jenuh 0.100 g 0.5 %
Kolesterol 0 mg 0.0 %
Sodium 0 mg 0.0 %
Total Karbohidrat 15.30 g 5.1 %
Diet Serat 2.7 g 10.8 %
Protein 0.20 g 0.4 %
Vitamin C 10.0 %
Vitamin B1 Thiamin 1.3 %
Vitamin B2 Riboflavin 0.6 %
Vitamin B3 Niasin 0.5 %
Vitamin B5 Asam Pantotenat acid 0.6 %
Vitamin B6 2.5 %
Kalsium 0.7 %
Besi 1.1 %
Kalium 3.3 %
Fosfor 0.7 %
Magnesium 1.3 %
Tembaga 2.0 %
Mangan 2.5 %
C Sistein 0.6 %
F Fenilalanin 0.6 %
I Isoleusin 0.6 %
K Lisin 0.6 %
L Leusin 0.4 %
M Metionin 0.4 %
T Treonin 0.7 %
Tirosin 0.5 %
V Valin 0.5 %
W Triptofan 0.7 %

Manfaat buah manggis dan kulit manggis


Buah manggis dapat mencegah dan memerangi kanker
Banyak penelitian di dunia menemukan bahwa dalam buah manggis terdapat senyawa yang berperan sebagai anti kanker. Zat tersebut adalah senyawa garcinone E. senyawa tersebut berfungsi untuk mencegah berkembangnya tumor di tubuh kita. Di dalam buah manggis, terutama pada kulitnya terdapat zat yang disebut dengan Xanthones. Xanthones sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Ini menunjukkan bahwa buah manggis sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai obat kanker yang bisa menyembuhkan berbagai jenis kanker. Juga bisa dikombinasikan dengan obat anti kanker untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan mengurangi efek negative pada kemoterapi.

Buah manggis berfungsi sebagai anti peradangan
Peradangan pada tubuh kita ditandai dengan adanya pelepasan histamine dan prostaglandin yang membuat kita mengalami peradangan. Kandungan dalam buah manggis ini bisa menghambat pelepasan prostaglandin dan histamine sehingga peradangan pada tubuh kita tidak akan berlangsung lama. Bahkan sebelum dilakukan penelitian terhadap buah manggis, masyarakat di Asia Tenggara percaya, dengan mengkonsumsi buah manggis, akan mempercepat proses penyembuhan luka.

Buah manggis bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Kita tahu dalam buah dan kulit manggis terdapat kandungan Xanthones. Xanthones, selain untuk mencegah dan melawan kanker. Xanthones juga berfungsi sebagai anti inflmasi dan anti oksidan yang sangat kuat. Anti oksidan ini berperan untuk mengurangi radang pada kulit, mencegah penuaan kulit, mengatasi alergi, dan infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa buah mmanggis bisa mengobati kanker kulit.

Buah manggis bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh
Dalam buah manggis terdapat banyak vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C, vitamin B1, Vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6. Vitamin ini sangat berperan dalam meningkatkan system kekebalan pada tubuh kita. Ditambah dengan Xanthones yang berfungsi sebagai anti oksidan menjadikan buah ini luar biasa.
manfaat buah manggis 4.5 5 Unknown Wednesday, May 20, 2015 manfaat buah manggis untuk mencegah peradangan dan mengobati kanker manfaat buah manggis sebelum kita mengulas tentang manfaat buah manggis , marilah kita mengulas tentang sejarah buah manggis. Buah man...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.