Penuaan Dini

 on Tuesday, March 17, 2015  


Dari dulu sampai sekarang penuaan dini adalah momok yang sangat menakutkan terutama bagi kalangan wanita. Semua orang pasti ingin selalu tampil awet muda. Banyak orang melakukan berbagai cara agar kondisi fisiknya terlihat 20 sampai 30 tahun lebih muda. Meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.

Penuaan dini disebabkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Dari faktor internal, penuaan dini bisa disebabkan adanya gangguan dari dalam tubuh, misalnya sakit berkepanjangan dan kurangnya asupan gizi. Sedangkan faktor eksternal terjadi karena sinar matahari, polusi, asap rokok, makanan yang tidak sehat, dan lain sebagainya.

Beberapa faktor eksternal yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit berikut penjeelasannya :

Polusi
Polusi dan radikal bebas dapat menyebabkan stress oksidatif pada kulit dan radikal bebas yang dihasilkan dari proses ini akan memicu terjadinya pemecahan kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit menjadi kering, kusam dan mudah timbul keriput. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan kulit setiap hari setelah beraktivitas dan memperbanyak konsumsi antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E.

Sinar matahari
Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita  penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. sinar ultraviolet A dengan gelombang panjang akan masuk ke dalam lapisan kulit lebih dalam dan  menjadi penyebab timbulnya keriput, pigmentasi dan bahkan kanker kulit. Gunakan selalu krim tabir surya meskipun anda jarang beraktivitas di luar.

Stress
Saat anda stress tubuh melepaskan hormone kortisol yang akan memicu pemecahan kolagen dan elastin. Cobalah atasi stress dengan berhenti sejenak dari rutinitas dan mulai melakukan kegiatan yang disukai agar pikiran menjadi lebih tenang.

Kurang tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan penuaan dini dengna 2 cara, yang pertama adalah proses regenerasi kulit yang biasa terjadi pada waktu tidur menjadi terganggu. Kedua, karena kurang tidur tubuh menjadi lelah sehingga anda akan cenderung mengabaikan perawatan kulit dan pola makan juga tidak teratur sehingga berdampak negative pada kesehatan kulit. Jadi, usahakan tidur dan bangun pada jam yang kurang lebih sama setiap harinya.

Kelembaban udara
Ternyata penuaan dini disebabkan oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Ini bisa diatasi dengan cara  menggunakan pelembab yang bisa mempertahankan kadar air di dalam kulit anda. Juga pakailah pelembab dan banyak minum air putih pada ruangan yang ber AC karena AC membuat kulit anda menjadi kering.

Produk perawatan tertentu
Beberapa produk perawatan kulit anti-aging sering mengandung retin-A, alcohol, asam glikolat yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering jika pemakainnya berlebihan. Gunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin E, vitamin C, asam hyaluronat untuk menjaga kulit tetap lembab.

Terlalu sering membersihkan wajah
Terlalu sering membersihkan wajah terlalu sering dengan sabun dapat menghilangkan minyak alami wajah yang berfungsi untuk mengencangkan kulit secara alami. Akibatnya, kulit mengendur dan muncul kerutan sebelum waktunya. Bersihkanlah wajah anda secukupnya, satu hingga dua kali sehari.

Makanan manis
Kadar gula darah  yang tinggi akan menyebabkan perubahan pada kolagen sehingga memudahkan timbulnya keriput pada kulit. Selain makanan manis, makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti nasi putih dan roti juga mempunyai efek yang sama. Seimbangkan diet anda dengan mengonsumsi protein dan serat dari sayur dan buah-buahan.

Demikianlah penjelasan tentang apa yang yang dihindari dan yang harus dilakukan agar terhindar dari penuaan dini. Semoga bermanfaat.


Penuaan Dini 4.5 5 Unknown Tuesday, March 17, 2015 faktor yang menyebabkan penuaan dini dan cara menghindarinya Dari dulu sampai sekarang penuaan dini adalah momok yang sangat menakutkan terutama bagi kalangan wanita. Semua orang pasti ingin selal...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.