Mengobati Sakit Mata pada Anak Balita dan Pencegahannya

 on Friday, March 27, 2015  


Beberapa waktu yang lalu keponakan saya mengalami sakit mata, kasihan sekali melihat keponakan yang baru berumur sembilan bulan mengalami yang namanya sakit mata. Setelah diperiksa dokter ternyata keponakan saya terkena sakit mata yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Memang, ada beberapa penyakit mata yang disebabkan oleh virus, tapi untungnya keponakan saya hanya terkena sakit mata yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Dan kornea matanya tidak terluka, karena jika terluka maka proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lebih lama. Bagaimana sih sebenarnya mengobati sakit mata pada anak balita ? berikut penjelasannya :

Sebelum menemukan obat yang tepat, beberapa kali kakak saya ( ibu dari keponakan saya ) gonta ganti obat tetes mata. Pertama kakak saya memakai obat dari dokter umum, tapi saya tidak tahu merek tetes mata tersebut. Setelah 2 hari tak kunjung sembuh kemudian kakak saya meminta saya untuk membeli obat luar. Obat tetes mata tersebut adalah cendo xitrol. Tapi anehnya sakit mata pada keponakan saya tidak kunjung sembuh. Kemudian kakak saya mulai pusing pala berbi, hehe. Kemudian kakak  saya bertanya kepada temannya mengenai obat apa yang tepat untuk mengobati sakit mata pada anaknya. Temannya menyarankan obat tetes mata baquinor. Harganya lumayan mahal juga sih sekitar 80 ribuan. Tapi tidak apalah yang penting keponakan saya sembuh. Setelah 2 hari menggunakan obat tetes mata tersebut, ada perubahan yang positif. Mata keponakan saya yang sebelumnya merah perlahan menjadi berkurang kemerahannya walaupun belum sembuh total. Mungkin ada yang penasaran kandungan obat tetes mata baquinor. Baquinor mengandung Ciprofloxacin 3 mg/ mL. Kakak saya menggunakan 1 sampai 2 tetes tiap 4 jam. Saya tidak mau menjelaskan kandungannya soalnya nanti dikira promosi hehe. Ingat ya sebelum menggunakan obat ini pastikan diagnosa lab bahwa penyebab sakit mata adalah bakteri, bukan virus.

Mungkin ada yang penasaran jenis infeksi sakit mata. berikut adalah macam jenis infeksi sakit mata :

Konjungtivitis kataralis. Jenis sakit mata ini disebabkan oleh virus, gejalanya adalah mata yang merah, mata mengeluarkan secret atau belek. Belek atau kotoran ini berupa cairan, jadi kotorannya diliat bener-bener ya. Jika kotoran yang muncul berwarna kuning kehijauan, ini disebut dengan konjungtivitis purulent. Konjungtivitis purulent ini disebabkan oleh kuman.

Konjungtivitis genokokal. Jenis sakit mata ini agak unik nih, uniknya karena penyebab sakit mata. Mau tau penyebabnya ? sama saya juga, hehe. Penyebabnya adalah cairan dari kelamin yang terkena mata. jadi bahaya kalo kencing kena mata orang lain, haha. Tapi jangan kuatir ya, karena tidak semua cairan kelamin yang bisa menyebabkan sakit mata ini. Hanya cairan kelamin yang mengandung kuman neisseri gonorhoe yang bisa menyebabkan sakit mata ini. Jadi hati-hati ya kalau selesai pipis atau buang air.

Konjungtivitis vernalis. Nah kalau penyakit mata ini disebabkan oleh perubahan musim atau suhu, bisa juga karena alergi terhadap perubahan suhu. Gejalanya hampir sama dengan konjungtivitis yang lain seperti mata merah dan mengeluarkan belek atau secret, tapi yang membedakan adalah secret atau beleknya tidak berwarna atau jernih. Sering-sering liat belek ya, hihi.

Konjunngtivitis flikten. Kalau yang ini termasuk jenis konjungtivitis yang parah. Ini disebabkan karena konjungtiva memiliki flikten atau kumpulan sel-sel radang. Sel-sel radang tersebut disebabkan oleh infeksi kuman atau jamur secara sistematik. Konjungtivitis ini biasanya mengenai kornea. Tau sendiri kan kalau sudah kena kornea mata, maka penyakit ini memerlukan penanganan serius. Saya tidak bercanda lo.

Tapi teman-teman semua, semua konjungtivitis bisa dicegah penularannya. Caranya :
  1. Sebelum dan sesudah anda membersihkan atau mengoles obat sakit mata, anda harus membersihkan atau mencuci tangan dengan benar dan bersih, karena tangan bisa menjangkau benda apa saja, ingat ya selalu cuci tangan dan budayakan selalu mencuci tangan.
  2. Tidak menyentuh mata yang sehat sesudah anda mengobati atau menangani mata yang sakit. Kenapa begitu ? ya bisa nular lah.
  3. Tidak mengunakan benda seperti handuk sapu tangan atau baju secara bergantian dengan seseorang yang menderita konjungtivitis. Ini yang sangat perlu diperhatikan, karena kita sering melalaikannya.
  4. Jika anda sering menggunakan lensa kontak. Gunakan sesuai dengan petunjuk dari dokter anda dan pabrik pembuat lensa kontak tersebut. Jika anda belum pernah menggunakan lensa kontak sebelumnya, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata sebelum anda menggunakan lensa kontak.



Demikian artikel Mengobati sakit mata pada anak balita dan pencegahannya semoga bermanfaat ya teman-teman.
Mengobati Sakit Mata pada Anak Balita dan Pencegahannya 4.5 5 Unknown Friday, March 27, 2015 Mengobati Sakit Mata pada Anak Balita dan Pencegahannya Beberapa waktu yang lalu keponakan saya mengalami sakit mata, kasihan sekali melihat keponakan yang baru berumur sembilan bulan mengala...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.