Manfaat dan khasiat buah plum dan efek sampingnya bagi kesehatan

 on Tuesday, December 15, 2015  

Manfaat dan khasiat buah plum dan efek sampingnya bagi kesehatan


Bagi masyarakat di eropa, buah plum adalah buah yang sangat dikenal. Buah plum juga termasuk sebagai buah yang sangat disukai oleh kebanyakan orang. Buah plum adalah buah yang memiliki biji yang sangat keras, sehingga buah ini digolongkan sebagai stone fruit.  Buah plum berwarna ungu kemerahan. Buah plum juga mengandung banyak air. Buah plum dipercaya berasal dari benua Eropa dan telah dikenal di Eropa sejak 200 tahun yang lalu. Hingga sekarang terdapat lebih dari 40 varietas buah plum yang ada di dunia. Diantaranya adalah Angelina burdet, anna spath, dan czar. Terdapat banyak sekali manfaat buah plum bagi kesehatan kita. Untuk itu mari kita mengenal apa saja kandungan yang terdapat pada buah plum tersebut.

Kandungan nutrisi pada buah plum per 100 gram
Total Fat 0.3 g 0%
Saturated fat 0 g 0%
Polyunsaturated fat 0 g
Monounsaturated fat 0.1 g
Cholesterol 0 mg 0%
Sodium 0 mg 0%
Potassium 157 mg 4%
Total Carbohydrate 11 g 3%
Dietary fiber 1.4 g 5%
Sugar 10 g
Protein 0.7 g 1%
Vitamin A 6%
Vitamin C 15%
Calcium 0%
Iron 1%
Vitamin D 0%
Vitamin B-6 0%
Vitamin B-12 0%
Magnesium 1%

Manfaat buah plum bagi kesehatan


Buah plum sebagai antioksidan
Bagi anda yang sering mengkonsumsi buah plum, pasti anda selalu merasa sehat dan bugar, serta jarang sakit. Ini dikarenakan buah plum mengandung vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dalam vitamin C. selain vitamin C, buah plum juga mengandung fitonutrisi seperti lutein, zea-xanthin, cryptoxanthin, asam neochlorogenic dan klorogenat. Senyawa-senyawa tersebut sangat bermanfaat sebagai antioksidan. Senyawa tersebut juga dapat membantu melawan anion. Anion adalah radikal oksigen.

Buah plum dapat menurunkan berat badan
Kandungan yang baik dalam buah plum terbukti sangat bermanfaat untuk memerangi sindrom metabolic yang menyebabkan kegemukan. Kandungan flavonoid dan senyawa fenolik seperti asam klorogenat, anthocyanin, quercetin, dan catechin yang ada pada buah plum dapat sangat efektif memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi. Dengan metabolisme tubuh yang terjaga, kita akan terhindar dari masalah kolesterol, diabetes, dan juga penyakit kardiovaskular.

Buah plum dapat mencegah osteoporosis
Buah plum bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Terutama untuk buah plum kering. Buah plum dapat memberikan efek anabolic dan anti resorptive yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, kandungan flavonoid juga dapat membatu menghambat kerusakan jaringan tulang dan sendi. Sehingga dapat mencegah osteoporosis terutama pada  wanita pascamenopause. Kalium dan polifenol dalam buah plum juga dapat membantu pembentukan jaringan tulang dan juga meningkatkan kepadatan tulang.

Buah plum baik untuk pencernaan
Dalam buah plum terdapat banyak sekali kandungan serat. Serat ini yang dapat membantuk system pencernaan berjalan dengan baik. Menurut penelitian, buah plum kering lebih efektif untuk menyembuhkan sembelit dari pada dengan menggunakan obat. Dalam buah plum juga terdapat zat sorbitol dan isatin, zat tersebut berfungsi sebagai pencahar, mendorong cairan dalam usus dan meningkatkan pembilasan yang efisien dalam usus.

Buah plum dapat meningkatkan kesehatan kognitif
Banyak penelitian mengungkap bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah plum, dapat mencegah penurunan kemampuan kognitif yang berkaitan dengan usia. Ini dikarenakan kandungan fitonutrisi yang menyehatkan. Fitonutrisi juga dapat mengurangi peradangan dalam proses neurologis dan juga meningkatkan fungsi otak dan memori. Mengkonsumsi buah plum secara rutin dapat mencegah gangguan neurodegenerative seperti Parkinson dan Alzheimer.

Efek samping buah plum


Dapat mengakibatkan penyakit ginjal
Dalam buah plum terdapat zat oksalat. Oksalat yang terakumulasi dapat mengkristal. Ini yang menyebabkan masalah seperti ginjal, empedu atau komplikasi kandung kemih. Jadi untuk anda yang menderita penyakit ginjal, dilarang untuk mengkonsumsi buah ini, dan bagi anda yang sangat menyukai buah ini, dimohon untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak.

Manfaat dan khasiat buah plum dan efek sampingnya bagi kesehatan 4.5 5 Unknown Tuesday, December 15, 2015 Manfaat dan khasiat buah plum dan efek sampingnya bagi kesehatan, Kandungan nutrisi pada buah plum per 100 gram, Buah plum sebagai antioksidan, Buah plum dapat menurunkan berat badan Manfaat dan khasiat buah plum dan efek sampingnya bagi kesehatan Bagi masyarakat di eropa, buah plum adalah buah yang sangat dikenal. ...


2 comments:

  1. Manfaat Tersembunyi BUah Plum Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete
  2. yuk gais bisa cek website yang tidak kalah keren dan membahas semua masalah secara detail

    www.kupasterang.site

    ReplyDelete

Powered by Blogger.