Jambu biji, sejarah dan manfaat untuk kesehatan

 on Friday, June 5, 2015  

Jambu biji, sejarah dan manfaat untuk kesehatan



Buah jambu biji mempunyai banyak sekali varian. Ini dikarenakan jambu biji adalah buah yang sering dilakukan persilangan melalui stek. Tanaman jambu biji dipercaya berasal dari Brazil Amerika Tengah. Dari brasil tanaman jambu biji menyebar ke Thailand, tapi kurang begitu ddiketahui bagaimana penyebaran tanaman jambu biji ini bisa sampai di Thailand. Kemungkinan besar tanaman ini dibawa oleh bangsa Spanyol. Itulah sejarah singkat tentang penyebaran buah jambu biji. Berikutnya kita intip apa saja kandungan yang ada pada buah jambu biji.

Kandungan pada buah jambu biji per 100 gram

Kalori 49 kal
Vitamin A 25 SI
Vitamin B1 0,02 mg
Vitamin C 87 mg
Kalsium 14 mg
Hidrat Arang 12,2 gram
Fosfor 28 mg
Zat Besi 1,1 mg
Protein 0,9 mg
Lemak 0,3 gram
Air 86 gram
Serat Larut 5,4 gram/100 gram buah dan 14% dari DRA
Senyawa antioksidan poli-fenolik
Flavonoid
Zat Likopen

Manfaat jambu biji untuk kesehatan


Buah jambu biji bermanfaat untuk mencegah kanker
Dalam buah jambu biji terdapat banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Dalam buah jambu biji juga terdapat kandungan senyawa antioksidan polifenolik dan flavonoid. Polifenolik sangat penting untuk menjaga tubuh dari kanker. Ini terbukti bahwa polifenolik memiliki kemampuan anti inflamasi. Meskipun di tubuh kita ada sel kanker. Dengan polifenolik ini, sel kanker tidak akan dapat tumbuh dengan cepat. Polifenolik ini juga bermanfaat untuk melawan radikal bebas,, meningkatkan system kekebalan tubuh kita, dan juga menigkatkan sirkulasi dalam darah sehingga meringankan kerja jantung kita.

Buah jambu biji untuk diet
Buah jambu biji sangat baik untuk anda yang sedang dalam proses diet. Ini dikarenakan jambu biji bisa menimbulkan sensasi kenyang. Sensasi kenyang ini dikarenakan buah jambu biji mengandung serta yang banyak dan mengikat makanan pada lambung. Buah jambu biji juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh dan menjaga berat badan anda tetap ideal.

Buah jambu biji dapat mengatasi diabetes
Serat yang terkandung dalam buah jambu biji dapat mengatur penyerapan gula pada system pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2 dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin.

Buah jambu biji dapat menyehatkan mata
Jambu biji merupakan buah dengan kandungan vitamin A yang melimpah. Dengan rutin mengkonsumsi buah jambu biji secara teratur, akan memperlambat munculnya katarak, dan penyakit degenerasi pada orang yang lanjut usia. Untuk anda yang penglihatannya sudah mulai menurun. Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jambu biji secara teratur

Buah jambu biji membantu pembentukan sel darah merah
Buah jambu biji mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh kita. Vitamin E, vitamin K, folat, niasain, tembaga, mangan, asam nthothenic, dan magnesium. Semua itu sangat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Jika sel darah merah kita meningkat, maka asupann oksigen untuk sel di tubuh kita juga akan meningkat. Ini membuat tubuh kita selalu segar dan bugar.

Buah jambu biji untuk kecantikan kulit

Dalam buah jambu biji terdapat kandungan likopen sebanyak 2.9 gram. Ini sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi yang semakin banyak. Jika anda berada di kota besar sebaiknya anda mulai memperhatikan kulit anda. Buah jambu biji juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang kendur dan membuat kulit kita menjadi lebih elastis kandungan astringent dalam jambu biji juga ampuh untuk mengatasi jerawat, flek hitam, dan juga keriput. Jadi jika anda menginginkan kulit yang indah dan cantik, rutin mengkonsumsi buah jambu biji untuk kesehatan kulit anda
Jambu biji, sejarah dan manfaat untuk kesehatan 4.5 5 Unknown Friday, June 5, 2015 Jambu biji, sejarah dan manfaat untuk kesehatan mata dandan kecantikan Jambu biji, sejarah dan manfaat untuk kesehatan Buah jambu biji mempunyai banyak sekali varian. Ini dikarenakan jambu biji adalah ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.