Jalan Kaki Menyehatkan

 on Sunday, January 18, 2015  

Artikel kesehatan - Apakah anda tahu bahwa jalan kaki dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit ? selain itu penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kaki secara teratur memberi dampak yang positif bagi kersehatan seperti hidup lebih lama, berat badan berkurang, memiliki tekanan darah yang normal dan menikmati kesehatannya lebih baik jika dibanding dengan orang yang jarang kaki. Ada banyak manfaat jalan kaki yang dapat kita peroleh, diantaranya adaah :

1. Jalan kaki baik untuk kesehatan jantung
Wanita yang berjalan-jalan cepat selama tiga jam atau lebih dalam seminggu setidaknya telah mengurangi risiko penyakit jantung mereka sebesar 30-40 persen, menurut sebuah analisis terhadap lebih dari 72.000 wanita berusia 40-65. Sebuah studi yang berbeda menunjukkan bahwa jalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 50% untuk pria antara usia 71 hingga 93.

2. Jalan kaki membantu mengatasi masalah insomnia

Punya masalah sulit tidur? Cobalah berjalan-jalan secara cepat selama 45 menit di pagi hari, 5 hari dalam seminggu. Hal ini dipercaya dapat membantu anda yang mengalami masalah insomnia atau sulit tidur, menurut penelitian dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, yang meneliti perempuan dari usia 50-74.

3. Jalan kaki cukup efektif membakar kalori

Jalan kaki selama 20 menit setiap hari cukup efektif dalam membakar kalori. Mereka yang menerapkannya mengalami penurunan bobot badan rata-rata 7,5 kg dalam setahun.

4. Jalan kaki meningkatkan ‘Mood’

Jalan kaki selama 30 menit bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan tegang dan depresi, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine.

Jalan kaki memperkecil resiko terkena stroke

Menurut sebuah penelitian yang mengamati lebih dari 11.000 alumni Universitas Harvard dengan usia rata-rata 58, jalan kaki sepanjang 20 km per minggu atau lebih dapat mengurangi resiko terjadinya stroke sebanyak 50%.

5. Jalan kaki sangat baik untuk kesehatan tulang

Jalan kaki jika dilakukan secara rutin juga diketahui dapat meningkatkan kepadatan tulang pasca masa menopause wanita, mencegah osteoporosis, dan dapat membantu mengurangi nyeri osteoarthritis.

6. Jalan kaki membantu mengurangi tekanan darah

Jalan kaki jika dilakukan secara rutin selama 30 menit perhari, 3 hingga 5 kali perminggu dipercaya dapat mengurangi tekanan darah.

7. Jalan kaki dapat menjaga pikiran tetap tajam

Jalan kaki sekitar 9-14 km dalam seminggu dapat mencegah resiko penurunan konsenstrasi, memori, dan pikiran, menurut sebuah penelitian yang mengamati 299 manula selama periode 9 tahun. Selain itu, jalan kaki sejauh 8 km per minggu dapat memberikan perlindungan kepada memori dan bidang pengetahuan dari otak mereka yang menderita penyakit Alzheimer atau gangguan kognitif ringan dan memperlambat terjadinya kehilangan memori.

8. Jalan kaki dapat mencegah diabetes

Hanya dengan tiga puluh menit anda jalan kaki sehari dapat mencegah penyakit seperti diabetes tipe 2, sebuah penelitian tahun 2002 memantau kedua kelompok laki-laki dan perempuan yang kelebihan berat badan dan berat badan normal pada sebuah populasi yang berisiko tinggi terhadap penyakit ini. Jika anda memiliki diabates, jalan kaki sangat membantu anda. Jalan kaki sepanjang 1 km atau lebih sehari dapat memotong resiko kematian hingga 50 %, berdasarkan sebuah studi tahun 2007.

9. Jalan kaki meningkatkan harapan hidup lebih lama

Jalan kaki lebih dari satu jam perhari meningkatkan harapan hidup secara signifikan, menurut sebuah studi tahun 2011. Para peneliti mengamati 27.738 peserta antara 40 hingga 79 selama periode 13 tahun. Anehnya, biaya medis mereka tidak meningkat meskipun mereka hidup lebih lama. “Peningkatan harapan hidup dengan jalan kaki akan membawa perubahan besar dalam kesehatan dan biaya medis,” tulis para penulis penelitian.
Jalan Kaki Menyehatkan 4.5 5 Unknown Sunday, January 18, 2015 jalan kaki dapat menyehatkan tubuh, selain baik untuk kesehatan jantung juga bisa mengatasi insomnia Artikel kesehatan - Apakah anda tahu bahwa jalan kaki dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit ? selain itu penelitian menunjukkan ba...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.