Beberapa Tips untuk Berhenti Merokok

 on Sunday, January 18, 2015  

Jika anda perokok, berhenti dari kebiasaan merokok tidaklah mudah. Bahkan banyak orang yang ingin berhenti merokok malah gagal dan terus merokok. Saya dulu juga perokok tapi dengan keinginan kuat untuk lepas dari jeratan rokok saya berhasil. Ini beberapa tips yang saya lakukan untuk menghenrikan kebiasaan merokok saya. Mungkin ini juga akan berhasil dengan anda. Tipsnya adalah

1. Beritahu dan minta dukungan dari keluarga dan teman anda
Kebanyakan dari perokok terpengaruh oleh lingkungan kita baik teman maupun keluarga kita sendiri. Dengan memmberitahu bahwa anda akan menghentikan kebiasaan merokok anda kepada keluarga dan teman-teman anda, maka teman dan keluarga anda akan selalu mengingatkan anda untuk tidak merokok.

2. Kurangi jumlah konsumsi rokok secara perlahan
Kebanyakan orang mengalami kesulitan jika harus berhenti merokok seketika dalam sehari, karena kebiasaan itu sudah dilakukan bertahun-tahun. Anda bisa menguranginya secara bertahap, misal sehari anda biasa menghabiskan 12 batang rokok, mulailah menguranginya 2 batang rokok setiap hari. Kalau tidak bisa 2 batang rokok anda bisa menguranginya sebanyak 1 batang rokok. jika itu dilakukan secara terus menerus, anda bisa menghabiskan hari tanpa menghisap 1 batang rokokpun.

3. Sibukkan diri
Jika anda mempunyai hobi atau kegiatan yang anda sukai selain merokok dan tidak membahayak hidup anda, anda bisa menyibukkan diri dengan kegiatan tersebut. Lakukan hobi anda lebih sering sehingga anda akan sibuk dengan hobi anda dan mulai melupakan rokok.

4. Cari pengganti rokok
Anda bisa mengganti rokok dengan makanan atau cemilan yang rendah lemak dan rendah kalori seperti seledri, apel, dan wortel. Permen karet dan menghisap kayu manis setelah anda makan juga menjadi pengganti ampuh rokok. Minumlah secangkir teh mint atau makan permen pappermint.

5. Menjauhkan diri dari alkohol, gula dan kopi
Menjauhi alkohol, gula, dan kopi bertujuan untuk menghindari keinginan anda merokok. ini dikarenakan alkohol, gula, dan kopi sering merangsang keinginan anda untuk merokok.

6. Minumlah banyak air
Minumlah banyak air untuk menyiram keluar nikotin yang ada di dalam tubuh anda dan juga zat adiktif di dalam tubuh anda agar anda tidak kecanduan merokok lagi.

7. Tarik nafas perlahan-lahan dan keluarkan lewat mulut secara perlahan
Cara ini cukup efektif untuk mencegah anda saat akan merokok. Lakukan cara ini setiap kali anda ingin merokok. Anda bisa melakukannya 3 kali sekali waktu. Ambil napas dalam-dalam sebisa anda, tahan sebentar, kemudian keluarkan secara perlahan melalui mulut. Sebenarnya ini adalah variasi dari teknik yoga, dan ini sangat menenangkan. Dengan melakukan proses ini, niat anda yang tadinya ingin berhenti merokok namun kalah oleh nafsu, akan kuat kembali sehingga dapat mencegah keinginan merokok anda.
Beberapa Tips untuk Berhenti Merokok 4.5 5 Unknown Sunday, January 18, 2015 tips untuk berhenti merokok dan mengatasi kecanduan rokok Jika anda perokok, berhenti dari kebiasaan merokok tidaklah mudah. Bahkan banyak orang yang ingin berhenti merokok malah gagal dan terus m...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.