7 Manfaat buah jeruk untuk kecantikan dan kesehatan tubuh anda

 on Tuesday, May 12, 2015  

7 Manfaat buah jeruk untuk kecantikan dan kesehatan tubuh anda


Sebelum kita mengulas tentang manfaat buah jeruk untuk kesehatan tubuh anda. Seperti biasa, kita akan mengulas sejarah dan asal usul buah jeruk terlebih dahulu. Asal buah jeruk diperkirakan dari Cina selatan. Ada juga riset yang lain jika buah jeruk berasal dari India dan Asia Tenggara. Dahulu banyak orang beranggapan bahwa jeruk yang kini ada di Eropa dan Timur tengah tumbuh cesara alami, tetapi sekarang para ahli sangat percaya bahwa nenek moyang dari pohon jeruk :Citrus medica” dibawa dan diperkenalkan oleh Alexander Agung dari India ke Yunani, Turki, dan Afrika pada akhir abad ke-4.

Jeruk dikenal sangat baik dan diterima sangat baik pula oleh kebudayaan Yunani kemudian Romawi. Pohon jeruk ditemukan  di reruntuhan Pompeii setelah kota itu runtuh dan dihancurkan oleh erupsi vulkanik dari gunung Vesuvius di tahun 79 masehi. Selama berabad-abad, buah jeruk telah dikenal sebagai symbol cinta, kebahagiaan bahkan kesucian. Jika dilihat dari kandungan gizi yang terdapat pada buah jeruk. Wajar saja buah jeruk sangat disukai. Satu buah jeruk berukuran sedang bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sebesar 40%. Dalam buah jeruk juga terdapat vitamin A untuk kesehatan mata, kalsium untuk tulang sehat. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Kandungan nutrisi dalam buah jeruk per 100 gram
Energi 28,00 kal
Protein 0,50 g
Lemak 0,10 g
Karbohidrat 7,20 g
Kalsium 18,00 mg
Fosfor 10,00 mg
Serat 0,20 g
Besi 0,10 mg
Vitamin A 160,00 RE
Vitamin B1 0,06 cg
Vitamin B2 0,03mg
Vitamin C 29,00 mg
Niacin 0,03 g

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh

Buah jeruk bermanfaat menurunkan resiko stroke
Menurut American Heart Association, mengkonsumsi buah jeruk dengan rutin dapat menurunkan resiko penyakit stroke iskemik bagi anda perempuan. Makan buah jeruk memiliki resiko 19% lebih rendah terkena stroke iskemik dari pada wanita yang jarang mengkonsumsi buah jeruk.

Buah jeruk dapat menjaga kesehatan jantung
Kandungan serat, kalium, vitamin C dan kolin yang terdapat pada buah jeruk dapat memberikan kontribusi untuk menjaga kesehatan jantung. Meningkatkan asupan kalium dalam tubuh sangat baik untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi 4000 mg kalium per hari memiliki resiko 49% lebih rendah dari penyakit jantung dibandingkan dengan seseorang yang kurang mengkonsumsi kalium. Ini menunjukkan betapa bermanfaatnya buah jeruk untuk mencegah penyakit jantung.

Buah jeruk dapat mencegah kerusakan kulit
Kita tahu bahwa buah jeruk banyak mengandung vitamin C. vitamin C inilah yang berperan sangat penting untuk mencegah dan merawat kulit karena Vitamin C berperan sebagai anti oksidan yang sangat baik. Vitamin C bila dimakan dalam bentuk alami atau dalam bentuk buah jeruk, dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi sinar matahari dan polusi. Kandungan vitamin C pada buah jeruk juga dapat mengurangi keriput pada kulit dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. buah  pir bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Buah jeruk dapat meningkatkan fungsi otak
Dalam buah jeruk terdapat asam folat atau vitamin B9. Kedua zat ini sangat penting untuk menjaga perkembangan otak agar selalu dalam keadaan baik. Zat ini juga menjaga organ vital dalam tubuh agar dalam kondisi prima. Dalam buah jeruk juga terdapat kandungan fitonutrien atau polifenol. Zat ini sangat membantu dalam meningkatkan memori otak.

Buah jeruk dapat mencegah diabetes
Kandungan fruktosa yang terdapat pada buah jeruk ternyata dapat menjaga kadar gula dam darah tetap stabil. Untuk penderita diabetes sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah jeruk setiap hari.

Buah jeruk dapat menjaga system kekebalan tubuh
Vitamin C pada buah jeruk mempunyai banyak sekali manfaat selain untuk kesehatan kulit, vitamin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Karena vitamin C merupakan antioksidan. Antioksidan ini yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Jadi, untuk selalu menjaga kesehatan anda, seringlah mengkonsumsi buah jeruk.

Buah jeruk dapat membantu pembentukan otot

Seperti yang kita tahu bahwa zat pembentuk otot adalah protein. Di dalam buah jeruk juga terdapat kandungan protein yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pembentukan masa otot anda. Setelah anda melakukan olahraga. Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk. Selain untuk menjaga kekebalan tubuh, juga menambah masa otot anda.
7 Manfaat buah jeruk untuk kecantikan dan kesehatan tubuh anda 4.5 5 Unknown Tuesday, May 12, 2015 7 Manfaat buah jeruk untuk kecantikan dan kesehatan tubuh anda 7 Manfaat buah jeruk untuk kecantikan dan kesehatan tubuh anda Sebelum kita mengulas tentang manfaat buah jeruk untuk kesehatan tub...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.